Postingan

REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI, TOPIK : PROFIL PELAJAR PANCASILA

Gambar
REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI TOPIK : PROFIL PELAJAR PANCASILA   Modul   : Pembelajaran dan Profil Pelajar Pancasila Video: 1.       Urgensi Profil Pelajar Pancasila: Profil Pelajar Pancasila merupakan elaborasi (penguraian) tujuan Pendidikan Nasional sekaligus komitmen bersama seluruh penyelenggara pendidikan dalam membangun sumber daya manusia Indonesia. 7 urgensi Profil Pelajar Pancasila: sebagai bintang penuntun pembelajaran (leitstar); sebagai upaya mencapai cita-cita bangsa; untuk menyiapkan warga negara sekaligus warga dunia; untuk kesejahteraan jiwa dan raga; sebagai rumusan karakter dan kompetensi abad ke-21; sebagai profil lulusan; sebagai rujukan penyusunan kebijakan. 2.       Dimensi Profil Pelajar Pancasila: a.        Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Murid dengan dimensi profil ini berarti murid tersebut mengamalkan nilai-nilai agama dan kepercayaannya sebagai bentuk religiusitasnya, percaya dan menghayati keberadaan Tuhan serta memperd

REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI, TOPIK : ASSESMEN

Gambar
  REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI TOPIK : ASSESMEN   Modul   : Memahami Assesmen Video: 1.       Asesmen sebagai bukti pembelajaran: Asesmen merupakan salah satu bukti atau informasi untuk memahami proses pembelajaran yang akan, sedang, dan telah berlangsung. Assesmen tidak lagi menjadi tahap pelaporan dan penilaian kemampuan murid. Assesmen sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan dan pencapaian hasil belajar . 2.       Assessment as, for dan of learning: Agar pelaksanaan asesmen sejalan dengan tujuan yang hendak dicapai, kita perlu memahami dulu karakteristik dan fungsi asesmen formatif dan sumatif. Fungsi asesmen yang mencakup asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning) dapat berupa penilaian diri dan penilaian antar teman, asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning) berupa assesmen formatif yang berorientasi pada proses pembelajaran, dan asesmen pada akhir proses pembelajaran (asses

REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI, TOPIK : KURIKULUM

Gambar
REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI TOPIK : KURIKULUM Modul   : Kurikulum Video: 1.       Apa itu Kurikulum : Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Melalui kurikulum, pengalaman belajar siswa dibentuk dari titik awal hingga akhir. Komponen Kurikulum: tujuan, konten, metode/cara, evaluasi. Klasifikasi komponen kurikulum: tujuan pembelajaran/konten, panduan pedagogi, panduan asesmen. Kurikulum berperan sebagai pedoman dan acuan pembelajaran. Kerangka kurikulum: mewariskan nilai dan budaya masyarakat yang relevan dengan masa kini, mengembangkan sesuatu yang dibutuhkan masa kini dan masa depan, menilai dan memilih sesuatu yang relevan atau kontekstual sebagai control sosial. Pengembanga

REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI Topik: Merdeka Belajar

Gambar
REFLEKSI PEMBELAJARAN MANDIRI Topik: Merdeka Belajar Modul   : Mengenali dan Memahami diri sebagai pendidik Video    : 1.       Mengenali Diri dan Perannya Sebagai Pendidik: Kenalilah diri kita sebagai pendidik 2.       Peran sebagai guru: Membekali pengetahuan dan keterampilan demi kecakapan hidup murid-murid. Menuntun perjalanan belajar murid-murid menuju cita-citanya dengan cara menyelaraskan peran guru yang relevan dengan konteks murid dan zaman. 3.       Ingin Menjadi Guru Seperti Apa Saya: Walau dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya ingin menjadi guru yang dapat menginspirasi murid-murid guna menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang. Modul   : Mendidik dan Mengajar Video    : 1.       Mendidik menyeluruh: Mendidik merupakan kegiatan menuntun segala kodrat (kodrat alam dan kodrat zaman) yang ada pada murid agar mereka mencapai keselamatan hidupnya. 2.       Pendidikan selama satu abad: Esensi merdeka belajar adalah system pendidikan

BAB 9 KESADARAN BERBANGSA DAN BERNEGARA DAN PENEGAKKAN HAK HAK BANGSA (Bagian 1) PERGERAKAN NASIONAL Sejarah Peminatan Kelas XI Semester Genap

Gambar
  PERGERAKAN NASIONAL   Pergerakan yang dilakukan untuk menentang kaum penjajah sebelum tahun ini, masih bersifat kedaerahan. Kemudian di 1908 lahir organisasi modern dengan cita-cita nasional. Istilah pergerakan nasional juga digunakan untuk melukiskan proses perjuangan bangsa Indonesia dalam fase mempertahankan kemerdekaan. Pergerakan masa ini untuk membendung hasrat kaum koloni yang ingin kembali merebut kekuasaan Indonesia. Dalam buku Pergerakan Nasional Mencapai dan Mempertahankan Kemerdekaan (2004) karya Sudiyo, pergerakan nasional adalah menunjukkan sifat yang lebih aktif dan penuh menanggung risiko dalam perjuangan. A.      Munculnya Pergerakan Nasional Pergerakan nasional menjadi wujud protes atas penindasan kaum kolonial kepada rakyat di Indonesia selama bertahun-tahun. Penyebab terjadinya pergerakan nasional dibedakan dalam dua kelompok, yaitu: 1.       Faktor internal (dalam negeri) Beberapa faktor penyebab timbulnya pergerakan nasional yang bersumber dari dalam

MATERI BAB VII MANUSIA PURBA INDONESIA DAN DUNIA (Bagian 4) PERBEDAAN DAN PESAMAAN ANTARA MANUSIA PURBA DAN MANUSIA MODERN (Sejarah Peminatan Kelas X Semester Genap)

Gambar
  PERBEDAAN DAN PESAMAAN ANTARA MANUSIA PURBA DAN MANUSIA MODERN   A.      Persamaan 1.       Bentuk tubuh manusia purba dan manusia modern tidaklah jauh berbeda 2.       Persamaan budaya bedah otak, Menurut Giogio Sperati, seorang sejarawan medis, ternyata separuh pasien prasejarah yang dibedah otaknya berhasil bertahan hidupbertahun tahun setelah tindakan dilakukan. 3.       Manusia purba dan manusia modern merupakan spesies omnivore atau pemakan segala. 4.       Sudah mengenal kegiatan bercocok tanam 5.       Sudah mengenal cara mengawetkan makanan   B.      Perbedaan 1.       Manusia Purba a.        Bentuk tubuh manusia purba dapat dikatakan hamper menyerupai kera b.       Memiliki bentuk mata yang lebih menonjol c.        Memiliki dagu menonjol, dahi menonjol ke depan, rahang lebih kuat dan besar, tengkorak lebih tebal dan volume otak lebih sedikit. d.       Peradabannya masih mengandalkan dengan apa yang ada di alam sekitar. e.        Fisiknya sangat