RPP ILMU NAHWU MTs
Salah satu ilmu terpenting untuk memahami Al-Qur’an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW. adalah Ilmu Nahwu Shorof.
Pengertian Ilmu nahwu adalah:
- Ilmu yang mempelajari tentang jabatan kata dalam kalimat dan harakat akhirnya, baik berubah (i'rab) atau tetap (bina).
- kaidah-kaidah yang dengannya diketahui hukum-hukum akhir-akhir kata bahasa arab dalam keadaan tersusun.
- Ilmu yang menunjukan kepada kita bagaimana cara untuk menggabungkan kata benda (ismun), kata kerja (fi'lun), atau partikel (huruf/harfun) untuk membentuk kalimat yang bermanfaat (jumlah mufidah) juga untuk mengetahui keadaan (i'rob) huruf akhir dari sebuah kata https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_nahwu
Ilmu nahwu sendiri merupakan ilmu yang membahas tentang aturan atau harakat akhir dalam sebuah kalimat (rofa’, jer, nashab, jazm). Jika salah dalam memberi harakat di akhir kalimat atau tengah kalimat, maka akan berdampak pada perubahan makna. Selain itu, ilmu ini juga membahas struktur kalimat apakah itu menjadi mubtada’, khobar dan lain sebagainya. Dimana setiap struktur kalimat mempunyai makna yang beda-beda.
Sedangkan ilmu sharaf adalah ilmu yang membahas tentang perubahan bentuk kata atau kalimat bahasa Arab, beserta ikhwalnya. Mulai dari huruf asli, tambahan, dan lainnya. Masing-masing bentuk memiliki makna dan arti terjemahan yang berbeda. Kesalahan dalam mentashrif kalimat yang tidak sesuai dengan aturan yang ditentukan dalam sharaf, juga akan mengubah makna.
I’rob menurut istilah adalah perubahan yang terjadi pada akhir kata/kalimah secara lafal maupun kira-kira karena perbedaan amil yang masuk ke kata tersebut.
Rofa' Adalah i’rob yang ditandai oleh dhommah dan penggantinya yaitu wawu, alif dan nun. Rofa’ merupakan i’rob dasar jadi pada awalnya semua isim mu’rob i’robnya rofa’.
Nashab Adalah i’rob yang ditandai oleh fathah dan penggantinya yaitu alif, kasroh, ya’ dan membuang nun.
Jazm Adalah i’rob yang ditandai oleh sukun dan membuang huruf.
Huruf jer / Jar atau biasa disebut juga dengan majrur memiliki arti yang ditarik atau diturunkan. Dalam ilmu nahwu yang dimaksud isim berharakat jar (kashroh), tetapi tanda-tanda dari i’rob jar bukan hanya kashroh. Tanda-tanda i’rob jar ada tiga macam yaitu, kashroh, fathah dan ya’.
Ilmu Nahwu selain dipelajari di Pondok Pesantren, tidak ada salahnya dipelajari juga di Madrasah. Agar tidak mengurangi jam pembelajaran mata pelajaran lain, Mata pelajaran Ilmu Nahwu dimasukkan ke dalam mapel muatan lokal. Berikut ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Ilmu Nahwu di MTs Al Insyiraah Muncang.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
6 x 40 menitt
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami huruf Jer.
Kompetensi Dasar
1.1 Menjelaskan jumlah huruf Jer dengan dasarnya.
1.2 Menjelaskan hukum dan maknanya huruf Jer.
Indikator
-
Menyebutkan
huruf Jer 19.
-
Menghafalkan
huruf Jer dengan dasarnya.
-
Membaca
huruf Jer tanpa harokat dengan benar.
-
Memahami
hukum huruf Jer dengan dasarnya.
-
Menghafalkan
makna huruf Jer dengan dasarnya.
B.
Tujuan
Pembelajaran
-
Siswa
dapat membaca dan member makna huruf Jer, tanpa syakal dan makna dengan benar.
C.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
D.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami jumlah huruf Jer 19 dengan dasarnya.
b.
Siswa
praktek membaca huruf Jer dengan benar.
c.
Siswa
memahami hukum huruf Jer dengan dasarnya.
d.
Siswa
dapat member makna huruf Jer.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
F.
Alat
dan Sumber Belajar :
1.
Rumus
dan Qoidah metode praktis mendalami Al-Qur’an dan membaca kitab kuning.
2.
Amsilati
dan Kholasati.
3.
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
G.
Penilaian
:
1.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
a)
Pilihan
ganda
b)
Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa
2.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek,
pengamatan, wawancara’
·
Mempelajari buku teks dan sumber lain
tentang materi pokok
·
Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2) Portofolio / unjuk
kerja
3) Produk
3.
Lembar
Kerja Siswa
a.
Ada
berapakah huruf Jer itu? Sebutkan!
b.
Tuliskan
dasarnya!
c.
Bagaimanakah
hukumnya huruf Jer itu? Tuliskan dasarnya!
d.
Bagaimanakah
ma’nanya huruf Jer بِdan لِ
itu?
e.
Berilah
syakal / harokat حتى الى الجبل الى, من, مذ, منذ, فى,
عن
Muncang,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP
Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
6 x 40 menitt
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami
huruf Jer.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.3 Menerapkan syakal / harokat dan makna huruf Jer.
1.4 Menejelaskan gabungan huruf Jer dengan kata I (
tunggal ).
Indikator :
-
Memahami
huruf Jer dan kata setelahnya, dengan syakal dan dasar hukumnya.
-
Membaca
huruf Jer dan kata setelahnya tanpa harokat dengan benar.
-
Menjelaskan
kata setelah huruf Jer dengan dasarnya.
-
Mencontohkan
huruf Jer digabungkan dengan kata tunggal.
C.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami huruf Jer yang di gabungkan kata tunggal
-
Siswa
dapat praktek membaca huruf Jer yang di gabungkan kata tunggal tanpa makna dan
harokat dengan benar.
D.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
E.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
-
F.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran yang
akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami jumlah huruf Jer yang di gabungkan dengan kata tunggal tanpa syakal
dan makna.
b.
Siswa
dapat membaca huruf Jer yang di gabungkan dengan kata tunggal tanpa harokat dan
makna.
c.
Siswa
hafal dasar hukum kata setelah huruf Jer.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
H.
Penilaian
:
1.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1) Tes Tertulis
c)
Pilihan
ganda
d)
Uraian/esai
2) Tes Lisan
Tes lisan pemaparan materi dari
pemahaman siswa
2.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1) Proyek,
pengamatan, wawancara’
·
Mempelajari buku teks dan sumber
lain tentang materi pokok
·
Menyimak tayangan/demo tentang
materi pokok
2) Portofolio / unjuk
kerja
3) Produk
3.
Lembar
Kerja Siswa
a.
Bagaimanakah
hukumnya kata setelah huruf Jer itu?
b.
Tuliskan
dasarnya.
c.
Contohkan
huruf Jer digabungkan pada kata tunggal 5 saja dan berilah syakal dengan benar!
d.
Berilah
syakal dan makna contoh berikut …
من الله من المدرسة والعصر
بالله حتى مطلع الفجر كتريد
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP
Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
6 x 40 menitt
A.
Standar
Kompetensi :
1.
Memahami
huruf Jer.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.5
Menjelaskan gabungan huruf Jer dengan Isim Maqsur.
C.
Indikator
:
-
Memahami
kata yang diakhiri alif sebelumnya berharokat fathah dengan dasarnya.
-
Menggabungkan
huruf Jer dengan kata yang diakhiri alif dengan benar dan mencontohkan!
-
Membri
harokat dan makna pada huruf Jer yang di gabungkan Isim Maqsur dengan benar.
-
Memahami
Irobnya Isim Maqsur dengan dasarnya.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan mempraktekan huruf Jer yang di gabungkan dengan Isim Maqsur
dengan membaca yang benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
a.
Rumus
dan Qoidah Metode praktis mendalami Al-Qur’an dan Membaca kitab salaf.
b.
Amsilati
dan Kholasati.
c.
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami huruf Jer yang digabungkan dengan kata yang diakhiri alif sebelumnya
berharokat fathah.
b.
Siswa
dapat praktek membaca huruf Jer yang digabungkan dengan Isim Maqsur dengan
dasar hukumnya.
c.
Siswa
hafal Irob Isim Maqsur dengan dasarnya.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
4.
Lembar
Kerja Siswa
a.
Apakah
yang di sebut Isim Maqsur itu?
b.
Bagaimanakah
Irobnya Isim Maqsur itu?
c.
Tuliskan
dasarnya!
d.
Contohkan
Huruf Jer yang di gabungkan Isim Maqsur dengan benar!
e.
Brilah
harokat contoh berikut …
من الهدى والفرقان فى النيا والا خرة من العسر يسرى
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP
Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
6 x 40 menitt
A.
Standar
Kompetensi :
1. Memahami huruf Jer.
B.
Kompetensi
Dasar :
1.6
Menjelaskan gabungan huruf Jer dengan jamak Mudzakar Salim.
C.
Indikator
:
-
Memahami
kata yang diakhiri UNA dan INA dengan dasarnya.
-
Menggabungkan
huruf Jer pada kata yang diakhiri UNA dan INA dengan benar.
-
Mencontohkan
dan memberi harokat huruf Jer yang di gabungkan dengan kata yang diakhiri UNA
dan INA dengan benar.
-
Mengetahui
Irob jamak Mudzakar Salim dengan menghafal dasarnya.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan praktek membaca huruf Jer yang digabungkan dengan jamak
Mudzakar Salim dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Huruf
Jer
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami arti jamak Mudzakar Salim.
b.
Siswa
memahami perubahan / Irob jamak Mudzakar Salim dengan dasarnya.
c.
Siswa
dapat mencontohkan dan membaca huruf Jer yang digabungkan jamak Mudzakar Salim
tanpa harokat dengan benar.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup
4.
Lembar
Kerja Siswa
a.
Apakah
yang disebut jamak Mudzakar Salim itu?
b.
Tuliskan
/ hafalkan dasarnya!
c.
Bagaimanakah
Irobnya jamak Mudzakar Salim itu? Contohnya!
d.
مُسْلِمٌ .......... مُتَّــقٌ
..........
Muncang,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP
Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 5
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
2.
Memahami Idhofah.
B.
Kompetensi
Dasar :
2.1
Menjelaskan pengertian Idhofah dengan dasarnya.
2.2
Menjelaskan Mudhof, Mudhofilaih dengan dasar hukumnya.
2.3
Menggabungkan Idhofah dengan kata lain.
C.
Indikator
:
-
Memahami
gabungan dua kata atau lebih dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
kata-kata yang harus digabungkan dengan memahami maknanya.
-
Menunjukkan
kata yang menjadi Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
-
Memahami
Irob atau hukum Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
-
Mencontohkan
penggabungan Idhofah dengan kata lain.
-
Membaca
dan memberi makna gabungan dua kata atau lebih dengan benar.
-
Membedakan
kata yang menjadi Mudhof dan Mudhofilaih.
-
Menyusun
Mudhof, Mudhofilaih menjadi Idhofah.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami dan praktek membaca gabungan dua kata atau lebih dengan
menghafal dasar hukumnya dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Idhofah
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami gabungan 2 kata atau lebih.
b.
Siswa
menunjukkan kata yang menjadi Mudhof dan Mudhofilaih / Membedakan.
c.
Siswa
memahami Irob kata yang menjadi Mudhof, Mudhofilaih dengan dasarnya.
d.
Siswa
mencontohkan dan membaca kata yang harus menjadi Idhofah dengan benar.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Penilaian
:
1.
Apakah yang di sebut Idhofah itu?
2.
Apakah pengertian Mudhof dan Mudhofilaih itu?
3.
Bagaimankah Irob / hukum Mudhof, Mudhoilaih itu?
4.
Tuliskan / hafalakan dasarnya?
5.
Contohkan Idhofah 5 saja!
6.
Berilah harokat contoh dibawah ini!
قل اعوذبربّ
النّاس ملك لنّاس اله النّاس
من شرّالوسواس الخنّاس الذى يوسوس
في دورالنّاس من الجنّة والناّس
Muncang,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 6
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Gasal
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
3.
Memahami Irob.
B.
Kompetensi
Dasar :
3.1
Menjelaskan pengertian Irob.
3.2
Menyebutkan jumlah Irob dengan dasarnya.
C.
Indikator
:
-
Memahami
perubahan akhir kata karena dipengaruhi kata lain.
-
Menyebutkan
Irob yang asli dengan dasarnya.
-
Mempraktekan
membaca akhir kata dengan Irob yang benar.
-
Mengetahui
Irob-irib Niabah / Irob yang tidak asli.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Irob, jumlah Irob, Irob yang asli dan Niabah / gantian dari yang
asli dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Irob
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami perubahan akhir kata karena dipengaruhi kata lain dengan cermat dan
benar.
b.
Siswa
dapat membaca akhir kata dengan benar.
c.
Siswa
mampu menyebutkan Irob dengan jumlahnya dengan benar dan dengan dasarnya.
d.
Siswa
dapat membedakan Irob yang asli dan yang gentian dari asli.
e.
Mempraktekan
membaca akhir kata dengan benar.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup..
Penilaian
:
1.
Apakah yang di sebut Irob itu?
2.
Ada berapakah jumlah Irob itu? Sebutkan!
3.
Ada berapakah Irob yang asli itu? Sebutkan!
4.
Tuliskan / Hafalkan dasarnya!
5.
Contohkan 5 saja kata yang akhirnya beruah baik dalam kharokat / hurufnya!
Muncang,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 7
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
4.
Memahami Isim Dhomir / kata ganti.
B.
Kompetensi
Dasar :
4.1
Menjelaskan Isim Dhomir dan dasar hukumnya.
4.2
Menyebutkan Isim Dhomir beserta maknanya.
4.3
Menjelaskan syakal Isim Dhomir yang digabungkan dengan kata lain.
C.
Indikator
:
-
Menyebutkan
pembagian Isim Dhomir dengan dasarnya.
-
Menghafalkan
Isim Dhomir Muttasil dan Mungfasil.
-
Memahami
hukum Isim Dhomir dengan dasar hukumnya.
-
Memberi
makna dan harokat Isim Dhomir dengan benar.
-
Memahami
pengertian Dhomir Mittasil dan Mungfasil.
-
Memahami
Dhomir Qoib, Mukhotob dan Mutakallom
-
Memahami
syakal Isim Dhomir yang digabungkan / dipengaruhi kata lain.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Isim Dhomir, Pembagian Isim Dhomir, menyebutkan Isim Dhomir
dengan dasar hukumnya dengan jelas.
-
Siswa
dapat mengetahui dan praktek membaca Isim Dhomir dan digabungkan dengan kata
lain dengan benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Dhomir ( kata ganti )
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah metode praktis mendalami Al-Qur’an dan membaca Kitab Salaf..
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
memahami pembagian Isim Dhomir.
b.
Siswa
mampu menyebutkan semua Isim Dhomir dengan cara menghafal.
c.
Siswa
memahami hukum Isim Dhomir dengan menghafal dasarnya.
d.
Siswa
memahami pengertian Dhomir Muttasil dan Mungfasil.
e.
Siswa
memahami ma’na Dhomir Qhoib, Mukhotob dan Mutakallim.
f.
Siswa
mampu praktek membaca Isim Dhomir yang di gabungkan kata lain dengan benar dan
dengan dasar hukumnya.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Penilaian
:
1.
Bisa disebut apakah Isim Dhomir itu?
2.
Bagaimanakah hukumnya Isim Dhomir itu?
3.
Tuliskan / Hafalkan Dasarnya.
4.
Ada berapakah pembagian Dhomir itu? Sebutkan !
6.
Apakah pengertian Dhomir Muttasil dan Mungfasil
itu?
7.
Sebutkan semua Isim Dhomir Muttasil Mahal Rafa’!
8.
Apakah Arti Dhomir Qhoib, Mukhotob dan Mutakallim itu?
9.
Berikan contoh 5 Dhomir yang menunjukkan Mutakallim beserta maknanya!
10.
Jelaskan Dhomir هم هما هُ dan هنّ Ha’ nya harus dibaca kasroh ! dan tuliskan dasarnya !
Muncang,
15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 8
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
5.
Memahami Isim Isyaroh / kata petunjuk.
B.
Kompetensi
Dasar :
5.1
Menjelaskan Isim Isyaroh dan dasar hukumnya.
5.2
Menyebutkan Isim Isyaroh beserta maknanya.
C.
Indikator
:
-
Menyebutkan
semua Isim Isyaroh dan pembagiannya.
-
Menghafalkan
Isim Isyaroh.
-
Memahami
Isim Isyaroh Qorib, Baid dan Tawasuth.
-
Mencontohkan
dan praktek membaca Isim Isyaroh dengan benar.
-
Menghafal
dasar Isim Isyaroh.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami kata tunjuk, menyebutkan dengan menghafal dasar hukumnya dengan
benar
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Isyaroh ( kata petunuk )
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
I.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
dapat mengetahui Isim Isyaroh dengan benar.
b.
Siswa
dapat menghafal Isim Isyaroh dengan benar.
c.
Siswa
memahami semua Isim Isyaroh dengan benar.
d.
Siswa
mempraktekan membaca Isim Isyaroh dengan benar.
e.
Siswa
menghafalkan makna Isim Isyaroh Baid, Qorib dan Tawasuth.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Penilaian
:
1.
Biasa disebut apakah Isim Isyaroh itu?
2.
Bagaimanakah hukumnya Isim Isyaroh itu?
3.
Tuliskan dan hafalakan dasarnya!
4.
Sebutkan ISim Isyaroh semua!
5.
Tunjukkan Isim Isyaroh Qorib, Tawasuth dan Ba’id!
6.
Apakah pengertian Isim Isyaroh Qorib, Tawasuth dan Ba’id itu?
7.
Sebutkan makna Isim Isyarot dengan benar!
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 9
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
6.
Memahami Isim Mausul / kata penghubung.
B.
Kompetensi
Dasar :
6.1
Menjelaskan Isim Mausul dan dasar hukumnya.
6.2
Menyebutkan Isim mausul beserta maknanya.
6.3
Menjelaskan pengertian Silah dan ‘Aid.
C.
Indikator
:
-
Memahami
Isim Mausul / kata penghubung dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
dan menyebutkan kata penghubung dengan cara menghafalkan.
-
Mempraktekan
membaca Isim Mausul tanpa harokat dengan benar.
-
Mencontohkan
Isim Mausul yang digabungkan dengan kata lain.
-
Menjelaskan
pengertian silah dengan dasar hukumnya.
-
Memahami
pengertian ‘Aid dengan dasay hukumnya.
-
Menunjukkan
kata penghubung Silah dan ‘ Aid dengan benar.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami Isim Mausul, menyebutkan dengan cara menghafal.
-
Siswa
dapat memahami pengertian Sialah dan ‘Aid dengan cara mencontohkan dengan
benar.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Isim
Mausul / kata penhubung
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1. Kegiatan pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
dapat mengetahui kata penghubung dengan benar.
b.
Siswa
dapat menyebutkan kata penghubung dengan benar.
c.
Siswa
dapat menjelaskan dasar hukumnya hukumnya kata penghubung.
d.
Siswa
mampu praktek membaca Isim Mausul tanpa kharokat dan makna dengan benar.
e.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian Silah dan ‘Aid dengan benar.
f.
Siswa
dapat mencontohkan Isim Mausul yang di gabungkan Silah dan ‘Aid dan
menunjukkan.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Penilaian
:
1.
Bisa disebut apakah Isim Mausul itu?
2.
Sebutkan semua Isim Mausul!
3.
Bagaimanakah hukumnya Isim Mausul itu?
4.
Tuliskan / hafalkan dasarnya!
5.
Apakh yang disebut Silah itu?
6.
Apakh yang disebut ‘Aid itu?
7.
Contohkan 5 saja Isim Mausul yang digabungkan Silah dan ‘Aid!
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 10
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
7.
Rumus Utama ( Membedakan Isim, Fi’il, Huruf )
B.
Kompetensi
Dasar :
7.1
Menjelaskan perbedaan Isim, Fi’il, Huruf dengan dasarnya.
7.2
Menyebutkan ciri-ciri Isim dengan dasarnya.
7.3
Menjelaskan Irob yang kusus masuk Isim dengan dasarnya.
C.
Indikator
:
-
Menjelaskan
pengertian Isim, Fi’il, Huruf.
-
Membedakan
Isim, Fi’il, Huruf dengan huruf.
-
Menunjukkan
Isim, Fi’il, Hurufdalam Al-Qur’an.
-
Menyebutkan
ciri-ciri Isim dengan menghafal dasarnya!
-
Memahamkan
ciri-ciri Isim dengan jelas.
-
Mencontohkan
dan menunjukkan kalimat Isim.
-
Menjelaskan
Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
-
Mencontohkan
dan menunjukkan Irob yang masuk Isim dan Fi’il dalam Al-Qur’an.
-
Menghafal
dasar Irob yang masuk Isim dan Fi’il.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat membedakan kata benda, kerja dan selain kata benda, kerja dengan ciri-cirinya.
-
Siswa
dapat menyebutkan ciri-ciri Isim dengan menghafal dasarnya.
-
Siswa
dapat membedakan Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il dengan menghafal
dasarnya.
E. Materi pembelajaran :
Rumus Utama ( Membedakan Isim,
Fi’il, Huruf )
F. Materi pembelajaran :
-
Rumus
Utama ( Membedakan Isim, Fi’il, Huruf )
-
G. Metode Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
-
Menghafalkan
H.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
I.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
Inti
a.
Siswa
dapat faham pengertian Isim, Fi’il, Huruf.
b.
Siswa
dapat membedakan dan mencontohkan itu Isim, Fi’il, Huruf.
c.
Siswa
dapat menyebutkan ciriri-ciri Isim dengan hafal dasarnya.
d.
Siswa
dapat mencontohkan ciri-ciri Isim yang terletak dalam Al-Qur’an.
e.
Siswa
dapat membedakan Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
f.
Siswa
dapat memahami Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il.
g.
Siswa
hafal dasar Irob yang kusus masuk pada Isim dan Fi’il.
3.
Kegiatan
Peutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
Penilaian
:
1.
Ada berpakah jumlah kata itu? Sebutkan!
2.
Bagaimanakah cara membedakan kata itu?
3.
Jelaskan / tuliskan dasarnya!
4.
Ada berpakah cirri-ciri Isim itu? Sebutkan!
5.
Carilah kata benda 20 saja dengan alasanya / cirinya dalam Al-Qur’an surat
Al-Fatihah!
6.
Jelaskan Irob yang kusus masuk Isim dan Fi’il!
7.
Tuliskan / hafalkan dasarnya!
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
No. 11
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
8.
Memahami Munada.
B.
Kompetensi
Dasar :
8.1
Menjelaskan pengertian Munada dengan dasarnya.
8.2
Menyebutkan jumlah Munada beserta hukum-hukumnya.
8.3
Menjelaskan huruf Nida’ dan setelahnya.
C.
Indikator
:
-
Menjelakan
pengertian Munada dengan menghafal dasarnya.
-
Memahami
dan menyebutkan jumlah Munada.
-
Menjelaskan
Munada Ma’rifat Mufrot dengan dasar hukumnya.
-
Mencontohkan
dan member Syakal Munada Ma’rifat Mufrot dengan benar.
-
Menghafalkan
dasar-dasar Munada.
-
Menjelaskan
Munda Mudlaf denga dasar hukunya.
-
Mencontohkan
dan memberi Syakal Munada Mudlaf dengan benar.
-
Menjelaskan
Munada Syibih Mudlaf dengan dasar hukumnya.
-
Mencontohkan
dan member Syakal Munada Mudlaf dengan benar.
-
Menyebutkan
huruf Nida’dan pengertiannya.
-
Memahami
Syakal / Irob kata yang jatuh setelah huruf Nida’ dengan benar.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami pengertian Munada, jumlah dan hukum-hukumnya.
-
Siswa
dapat mencontohkan dan membaca Munada tanpa kharokat dengan benar
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Munada
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof.
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
dapat mengetahui pengertian MUnada dengan jelas.
b.
Siswa
dapat menyebutkan jumlah Munada dengan benar.
c.
Siswa
dapat menjelaskan hukum-hukum Munada dengan hafal dasarnya.
d.
Siswa
dapat mencontohkan dan membaca Munada tanpa Syakal dengan benar.
e.
Siswa
dapat memahami pengertian huruf Nida’ dan maknanya.
f.
Siswa
dapat membedakan diantara Munada dengan hukum yang berbeda.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup.
-
Penilaian
:
1.
Apa yang disebut Munada itu?
2.
Ada berapa jumlah Munada itu? Sebutkan!
3.
Apakah yang desbut Munada Ma’rifat Mufrod itu?
4.
Bagaimanakah Irob / hukumnya Munada Ma’rifat Mufrod itu? Contohkan 5 saja!
5.
Apakah yang disebut Munada Mudlaf itu?
6.
Bagaimanakah Irob / hukumnya Munada Mudlaf
itu? Contohkan 5 saja!
7.
Apakh yang di sebut Munada Shibih Mudlaf itu? Jelaskan Irobnya dan beri contoh
5 saja!
8.
Apakah pengertian huruf Nida’ itu?
9.
Berilah Syakal Contoh berikut …
ياالله ياعليّ
ياحبيب
الله يا خليل الله
يالطيفابخلقه ياطالعاجبلا
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 12
Sekolah :
MTs Al-Insyiraah
Mata Pelajaran :
Mulok Nahwu Shorof
Kelas / Semester :
VII / Genap
Alokasi Waktu :
6 x 40 menit
A.
Standar
Kompetensi :
9.
Memahami rumus AI ( Ma’rifat dan Nakiroh)
B.
Kompetensi
Dasar :
9.1
Menjelaskan pengertian Ma’rifat dan Nakiroh dengan dasarnya.
9.2
Menyebutkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dengan ciri-ciri dan dasarnya.
C.
Indikator
:
-
Menjelakan
pengertian Ma’rifat dan Nakiroh dengan menghafal dasarnya.
-
Membedakan
kata Ma’rifat dan Nakiroh dengan menghafal ciri-cirinya.
-
Menyebutkan
jumlah Isim Ma’rifat dengan menghafal dasarnya.
-
Menunjukkan
dan mencontohkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dalam Al-Qur’an dengan benar.
-
Memahami
huruf Ma’rifat dengan menghafal dasarnya.
D.
Tujuan
Pembelajaran :
-
Siswa
dapat memahami rumus AI, dengan benar.
-
Siswa
mampu menjelaskan pengertian Ma’rifat, Nakiroh dan mencontohkan dengan benar.
-
Siswa
dapat menyebutkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dengan menghafal dasarnya.
E.
Materi
Pembelajaran :
-
Rumus
AI ( Ma’rifat dan Nakiroh )
F.
Metode
Pembelajaran :
-
Tanya
jawab
-
Praktek
membaca
-
Menghafalkan
G.
Alat
dan Sumber Belajar :
-
Rumus
dan Qoidah.
-
Amsilati
dan Kholasati.
-
Kitab-kitab
Nahwu Shorof
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran :
1.
Kegiatan
pendahuluan
a.
Orientasi
Ø
Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran
Ø
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
Ø
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
b.
Apersepsi
Ø
Mengaitkan
materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Ø
Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya
Ø
Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. (Berpikir Kritis)
c.
Motivasi
Ø
Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari
Ø
Apabila
materi/tema/projek ini kerjakan dengan
baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik
diharapkan dapat menjelaskannya
Ø
Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan yang
berlangsung
d.
Pemberian Acuan
Ø
Memberitahukan
materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
Ø
Memberitahukan
tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung (Literasi dan Komunikatif)
Ø
Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
2.
Kegiatan
inti
a.
Siswa
dapat memahami pengertian Ma’rifat dan Nakiroh.
b.
Siswa
mampu membedakan Isim Ma’rifat dan Nakirohdengan ciri-cirinya.
c.
Siswa
mampu menyebutkan jumlah Isim Ma’rifat dengan menghafal dasarnya.
d.
Siswa
mampu menunjukkan dan mencontohkan Isim Ma’rifat dan Nakiroh dalam Al-Qur’an.
e.
Siswa
mampu memahami kata NAkiroh menjadi MA’rifat dengan menaruh huruf Ma’rifat.
3.
Kegiatan
penutup
a.
Peserta
didik
Ø
Membuat
rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
Ø
Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
b.
Guru
Ø
Memeriksa
pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan projek dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,
untuk penilaian projek
Ø
Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Ø
Merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika
diperlukan)
Ø
Mengagendakan
pekerjaan rumah
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Ø
Mengucapkan
salam / do’a penutup..
Penilaian
:
1.
Bedakanlah rumus AI!
2.
Apakah pengertian kata Ma’rifat dan Nakiroh itu?
3.
Ada berapakah Isim Ma’rifat itu? Sebutkan!
4.
Apakah ciri-ciri Isim Nakiroh itu? Tuliskan dasarnya!
5.
Contohkan Isim Ma’rifat 20 saja pada Al-Qur’an Surat Al-Fatihah urut beserta
alasannya!
Muncang, 15 Juli 2019
Mengetahui,
Kepala MTs
Al-Insyiraah Guru
Mata Pelajaran
Apendi, S.IP Zaenal
Mustofa, S.Pd.I
Terimakasih ilmunya.
BalasHapusIjin copas