SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI BIOLOGI KELAS X: BIOLOGI SEBAGAI ILMU (BAB I) & KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (BAB II)
LATIHAN SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI BAB I DAN BAB II, BIOLOGI KELAS X SEMESTER 1
1.
Biologi
memenuhi syarat disebut ilmu, yaitu ….
a. memiliki objek dan kajian
b. memiliki objek material dan objek
formal
c. memiliki metode dan objek kajian
d. memiliki metode ilmiah
e.
dikembangkan
berdasarkan percobaan
(Jawaban
c) Biologi dikatakan sebagai ilmu karena mempunyai objek kajian dan metode
ilmiah.
2.
Objek
formal biologi adalah ….
a.
makhluk
hidup
b.
lingkungan
hidup
c.
bioma,
ekosistem, dan komunitas
d.
manusia
dan hewan
e.
struktur,
fungsi, dan interaksi makhluk hidup
(Jawaban e) Objek formal
merupakan cara memandang sesuatu atau hal yang dipandang. Objek formal meliputi
struktur, fungsi, dan interaksi makhluk hidup.
3.
Objek
kajian biologi adalah benda-benda yang konkret. Yang dimaksud benda konkret
adalah ….
a.
benda
yang dapat ditangkap alat indera
a.
benda
yang hidup
b.
benda
yang mempunyai nilai ekonomi
c.
benda
yang dapat dilihat tanpa alat
d.
benda
yang hanya dapat dilihat dengan bantuan alat
(Jawaban a) Objek kajian biologi
berupa benda-benda yang nyata (konkret). yang dimaksud dengan benda konkret
adalah benda-benda yang dapat ditangkap oleh alat-alat indera manusia. Benda
konkret dapat berupa benda padat, cair, atau gas.
4.
Biologi
berkembang dari akar atau rumpun ilmu ….
a.
Alam
b.
Social
c.
Filsafat
d.
Humaniora
e.
kimia
(Jawaban c)Pada zaman dahulu kala,
terutama zaman Yunani, orang lebih banyak mempelajari filsafat. Dari filsafat
ini, selanjutnya berkembang adanya filsafat alam dan filsafat moral. Filsafat
alam mempunyai turunan ilmu-ilmu alam. Nah, ilmuilmu alam ini dibagi lagi
menjadi dua bagian, yakni ilmu abiotik/non hayati dan ilmu hayati. Ilmu hayati
inilah yang biasa disebut dengan nama biologi.
5.
Yang
bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu adalah ….
a.
banyak
orang yang ingin mempelajarinya
b.
hukum-hukumnya
bersifat universal
c.
mempunyai
objek kajian dan metode ilmiah
d.
dapat
dipikirkan secara logika
e.
bermanfaat
bagi kehidupan
(Jawaban a) Banyak orang yang
ingin mempelajarinya bukan merupakan alasan biologi dikatakan sebagai ilmu.
6.
Berikut
adalah tahapan dalam metode ilmiah.
A.
melakukan
percobaan untuk menguji hipotesis
B.
mengajukan
hipotesis
C.
menemukan
permasalahan
D.
menarik
kesimpulan
Urutan
tahap yang benar adalah ….
a.
A,
B, C, D
b. A, C, B, D
c. C, A, B, D
d. C, B, A, D
e.
D,
C, B, A
(Jawaban d) Urutan tahapan
melakukan metode ilmiah:
1. menemukan permasalahan
2. mengajukan hipotesis
3. melakukan percobaan untuk menguji hipotesis
4. menarik kesimpulan.
7.
Yang
bukan merupakan sikap ilmiah adalah ….
a.
bertanya
dan berargumentasi untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri
b.
mampu
membedakan fakta dan opini
c.
memiliki
kepedulian terhadap lingkungan
d.
mampu
berpendapat secara ilmiah dan kritis
e.
berani
mengusulkan suatu pemecahan masalah dan bertanggung jawab
(Jawaban a) Sikap bertanya dan
berargumentasi untuk memenuhi keingintahuan diri sendiri bukanlah sikap ilmiah,
sikap ini cenderung lebih mementingkan diri sendiri daripada kepentingan
bersama.
8.
Aristoteles
adalah tokoh dalam sejarah biologi yang mengajukan teori tentang asal mula
kehidupan yang disebut ….
a.
teori
biogenesis
b.
generatio
spontanea
c.
teori
kreasi khusus
d.
teori
evolusi
e.
The
origin of species
(Jawaban b) Aristoteles (384-322
SM) merupakan orang yang pertama kali meletakkan dasar ilmu biologi pada zaman
Yunani. Ia mengemukakan sebuah teori tentang asal muasal makhluk hidup dari
benda mati yang dikenal dengan teori abiogenesis atau generatio spontanea.
9.
Kumpulan
jaringan dalam makhluk hidup akan membentuk ….
a.
organ
tubuh
b.
Molekul
c.
jaringan
epitelium
d.
sistem
organ
e.
individu
(Jawaban a) Kumpulan jaringan
akan membentuk organ.
10. Sekelompok rusa dalam suatu
tempat dan waktu tertentu disebut ….
a.
Ekosistem
b.
Komunitas
c.
Habitat
d.
populasi
e.
Bioma
(Jawaban d) Sekolompok rusa
tersebut disebut populasi. Populasi adalah individu-individu yang sejenis bila
berkumpul pada tempat dan waktu tertentu akan membentuk populasi.
11. Tokoh pelopor sistem klasifikasi
makhluk hidup adalah..
a.
Robert
Hooke
b.
Lamarck
c.
Charles
Darwin
d.
Carolus
Linnaeus
e.
Greger
Mendel
(Jawaban d) Bapak Klasifikasi atau
Taksonomi adalah Carolus Linnaeus dari Swedia. Carolus Linnaeus disebut
Bapak Klasifikasi dan Bapak Taksonomi karena menciptakan sistem
klasifikasi hierarkis dan Binomial Nomenklatur
12. Pengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan disebut...
a. Takson
b. Anatomi
c. Taksonomi
d. Klasifikasi
e.
Sistematik
(Jawaban c) Taksonomi adalah cabang
biologi yg menelaah penamaan, perincian, dan pengelompokan makhluk hidup
berdasarkan persamaan dan perbedaan sifatnya.
13. Manakah urutan yang benar
mengenai takson klasifikasi makhluk hidup dari yang terendah hingga
tertinggi...
a. Spesies-Filum-Kelas-Ordo-Famili-Genus
b. Spesies-Famili-Ordo-Genus-Kelas-Filum
c. Spesies-Genus-Famili-Ordo-Kelas-Filum
d. Famili-Ordo-Kelas-Genus-Spesies-Filum
e.
Filum-Kelas-Ordo-Famili-Genus-Spesies
(Jawaban c) Urutan tingkatan
takson mulai dari tingkat tertinggi ke tingkat terendah, yaitu kingdom
(kerajaan) atau regnum (dunia), phylum (filum) atau divisio (divisi), class
(kelas), ordo (bangsa), familia (famili/suku), genus (marga), dan species
(spesies/jenis).
14. Keanekaragaman hayati dapat
dipelajari untuk digunakan dan dilestarikan dengan menggunakan sistem
pengklasifikasian makhluk hidup. Di bawah ini manakah yang BUKAN merupakan tujuan
klasifikasi...
a. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk
hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis, agar mudah dikenal.
b. Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-cirinya.
c. Mengetahui hubungan kekerabatan
antar makhluk hidup.
d. Mengetahui evolusi makhluk hidup
atas dasar kekerabatannya.
e.
Mengetahui
asal usul makhluk hidup
(Jawaban e) Tujuan Klasifikasi
makhluk hidup:
Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk
hidup untuk membedakan tiap-tiap jenis, agar mudah dikenal.
Mengelompokkan makhluk hidup
berdasarkan ciri-cirinya.
Mengetahui hubungan kekerabatan
antar makhluk hidup.
Mengetahui evolusi makhluk hidup
atas dasar kekerabatannya
15. Dalam klasifikasi makhluk hidup
sering digunakan kunci determinasi sederhana yang disebut...
a. Binomial nomenklatur
b. Kunci klasifikasi
c. Kunci dikotomi
d. Kunci determinasi
e.
Monomial
nomenklatur
(Jawaban c) Kunci dikotom merupakan
sebuah langkah atau cara dalam mengenali makhluk hidup serta pengelompokan pada
takson.
16. Jamur/Fungi dipisahkan menjadi
kingdom tersendiri karena...
a. Bersifat heterotroph
b. Tidak memiliki dinding sel
c. Tidak memiliki membran inti
d. Berkembang biak dengan spora
e.
Hidupnya
sebagian saprofit dan parasite
(Jawaban a) Jamur atau fungi
dipisahkan menjadi kingdom tersendiri karena jamur merupakan organisme
eukariotik yang mempunyai sel tunggal dan tidak memiliki klorofil sehingga
tidak membutuhkan cahaya matahari untuk membuat makanannya sendiri
17. Jika kamu seorang ahli
klasifikasi dan menemukan organisme yang memiliki ciri-ciri yaitu termasuk
organisme multiseluler, tidak dapat berfotosintesis, memperoleh makanan dengan
menyerapnya dari lingkungan, terdiri dari sel eukariotik dan memiliki dinding
sel, ke dalam kingdom manakah kamu akan
mengklasifikasikan organisme tersebut...
a. Kingdom Animalia
b. Kingdom Fungi
c. Kingdom Monera
d. Kingdom Plantae
e.
Kingdom
Protista
(Jawaban
b) Fungi adalah salah satu jenis organisme eukariotik yang memiliki
dinding sel dari kitin dan tidak berklorofil. Nama lain dari fungi adalah
jamur. Walaupun karakteristik yang dimiliki oleh fungi hampir sama dengan
tumbuhan. Akan tetapi fungi tidak dapat disebut sebagai tumbuhan karena fungi tidak
memiliki klorofil sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan fungi tidak dapat
melakukan proses fotosintesis.
18. Salah satu dasar untuk
mengklasifikasikan makhluk hidup adalah sejarah perkembangan evolusinya.
Hal ini berarti setiap makhluk hidup yang...
a. Berbeda filumnya berarti dekat
kekerabatannya
b. Makin tinggi taksonnya, makin
dekat kekerabatannya
c. Spesiesnya berlainan maka makin
dekat kekerabatannya
d. Makin dekat kekerabatannya, makin
banyak pula persamaan sifatnya
e.
Makin
tinggi tingkat taksonnya, maka makin banyak pula persamaannya
(Jawaban d) Makin dekat
kekerabatannya, makin banyak pula persamaan sifatnya
19. Perhatikan beberapa hewan
berikut:
1. Simpanse
2. Ayam
3. Keledai
4. Gorilla
5. Ikan
6. Orang
utan
Berdasarkan
sistem filogenetik hewan yang memiliki kekerabatan paling dekat adalah...
a.
2,
3 dan 4
b. 3, 4 dan 6
c. 1, 4 dan 6
d. 1, 2 dan 5
e.
4,
5 dan 6
(Jawaban c) Sistem Klasifikasi Filogenetik,
Sistem klasifikasi ini didasarkan pada hubungan kekerabatan antarorganisme
berdasarkan proses evolusinya. Sistem klasifikasi filogenetik diperkenalkan
sejak munculnya teori evolusi Lamarck dan Darwin.
20. Pernyataan yang tidak benar
mengenai sistem empat kingdom adalah...
a. Semua anggota kingdom Monera
punya inti tanpa membran.
b. Semua jamur dimasukan dalam
Kingdom Fungi.
c. Semua ganggang kecuali ganggang
biru, lumut, paku pakuan, dan tumbuhan biji dimasukan dalam kerajaan tumbuhan
d. Semua hewan mulai Protozoa hingga
Chordata dimasukan dalam kerajaan hewan atau animalia.
e.
Manusia
termasuk ke dalam Kingdom animalia
(Jawaban
e) Berikut ini sistem empat kingdom:
Kingdom
Monera
Semua
anggota kingdom Monera punya inti tanpa membran.
Kingdom
Fungi
Semua
jamur dimasukan dalam Kingdom Fungi.
Kingdom
Plantae
Semua ganggang kecuali ganggang
biru, lumut, paku pakuan, dan tumbuhan biji dimasukan dalam kerajaan tumbuhan.
Kingdom
Animalia
Semua
hewan mulai Protozoa hingga Chordata dimasukan dalam kerajaan hewan atau
animalia.
Ok
BalasHapus